Rabu, 09 September 2009

Tetris Bisa Tingkatkan Kekuatan Otak


(istimewa)

Albuquerque - Bermain tetris ternyata bisa meningkatkan kekuatan otak. Meski termasuk jenis permainan sederhana, bermain secara teratur dapat meningkatkan kecerdasan otak pemain dan meningkatkan daya pikir.

Pernyataan ini terungkap melalui penelitian yang dilakukan di Mind Research Network di Albuquerque, Amerika Serikat. Para peneliti menemukan puzzle komputer klasik Tetris bisa meningkatkan kekuatan otak.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa meskipun relatif lebih sederhana dibandingkan dengan video game modern saat ini, bermain secara reguler dapat meningkatkan kecerdasan otak pemain dan meningkatkan daya pikir.

Penemuan yang dimuat dalam laporan yang diterbitkan oleh jurnal BMC Research Notes ini dibuat setelah eksperimen melibatkan beberapa gadis remaja yang diminta untuk bermain tetris selama satu setengah jam selama tiga bulan.

Hasil scan mengungkapkan "perubahan struktural" di beberapa bagian otak mereka yang berhubungan dengan gerakan, pemikiran kritis, penalaran, bahasa dan pengolahan.

Para ilmuwan dari Mind Research Network di Albuquerque, Amerika Serikat, juga percaya bahwa memainkan permainan tersebut yang melibatkan mengubah-ubah bentuk menjadi susunan balok rapi pada layar komputer bisa meningkatkan 'efisiensi mental'.

Salah satu penemuan yang mengejutkan dari riset otak pada lima tahun terakhir adalah bahwa bermain juggling meningkatkan kecerdasan otak di area motorik otak.

"Kami melakukan penelitian Tetris untuk melihat apakah latihan mental meningkatkan ketebalan kortis, tanda kecerdasan otak yang lebih. Jika iya, hal itu bisa menjadi penjelasan bahwa latihan mental meningkatkan efisiensi otak," kata Dr Rex Jung,

seorang Neuropsychologis.

Kecerdasan otak yang lebih bisa berarti bahwa area tertentu otak tidak perlu bekerja keras untuk menyelesaikan tugas kompleks.

"Kami tidak sabar melihat perbedaan ketebalan kortis antara gadis yang memainkan Tetris dan mereka yang tidak," kata Dr Richard Haier, seorang Psychologis.

Tetris dibuat oleh progammer Rusia, Alexey Pajitnov, pada 1984 dan menjadi salah satu permainan komputer paling terkenal di dunia. [L1]|Liana Garcia|INILAH.COM

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkah beri komentar.....
Kata-kata lucu,banyolan, & gaul
Asal jangan!! kata kotor/kasar & SPAM/SAMPAH, Bakal saya hapus tanpa alasan

 

APOLOGIZE....YAA

Sebelumnya saya meminta maaf kepada semua pihak,. dikarenakan tidak semua konten yang saya publikasikan asli buatan saya, maka dari itu saya pastikan mencantumkan link sumber postingan tersebut berasal..,Tujuan saya hanya ingin menyajikan sebuah blog dengan info-info yang mungkin belum pernah diketahui, info-info terkini, dan info-info yang sedang marak dan info yang aneh-aneh.....disini tempatnya----> apabila ada yg tidak puas dan merasa haknya di langgar, harap segera hub saya Via E-mail. Thanks atas kunjungannya *_*

Foto Pengunjung

Tahukah Anda..? Copyright © 2009 WoodMag