Jumat, 18 September 2009

Lokasi Teroris Terlacak

Lokasi Teroris Terlacak dari Jejak VCD Jihad Jibril
BAGAIMANA kisah Densus 88 sukses mengendus Noordin M. Top dkk? Operasi di Solo kemarin sebenarnya ditujukan untuk me­lacak Bagus Hadi Pranoto alias Urwah, pe­laku bom Kedubes Australia 2004.

''Kami men­dapat pengakuan dari Muhammad Jibril bahwa dia pernah berkomunikasi dengan Urwah di Solo,'' kata seorang perwira menengah Mabes Polri di lingkungan antiteror.

Karena itu, beberapa hari setelah Jibril ditangkap, Densus 88 yakin Urwah segera tertangkap (Jawa Pos 29/08/2009). Dalam penga­kuannya kepada penyidik, Jibril pernah mengontak Urwah pada medio 2008. ''Saat itu, mereka membicarakan soal bisnis VCD jihad. Jibril di bawah bendera Ar-Rahmah Media, Urwah berbendera Muqawamma,'' jelas sumber Jawa Pos tersebut.

Dari pengakuan Jibril itu, tim kemudian menyisir Solo. Mereka menemukan titik terang pada 14 September 2009. Saat itu, salah seorang anggota Subden Intelijen Densus 88 Mabes Polri yang sedang menyamar di sebuah taklim dekat Kampus UNS bertemu Rahmat Puji Prabowo yang berjualan buku, VCD, dan minyak wangi. ''Dia diikuti,'' katanya.

Rahmat alias Bejo tersebut lalu terpantau di sebuah masjid di kawasan Laweyan. ''Saat itu, Rahmat bersama seseorang yang kami duga kuat Urwah,'' ujarnya.

Setelah diintai, Rahmat ternyata berpisah dari Urwah. ''Satu tim bergerak membuntuti Urwah, tapi lolos di dekat Stasiun Purwosari,'' jelasnya. Karena itu, sasaran yang harus diamankan adalah Rahmat. Selama dua hari residivis yang pernah menyembunyikan Abu Dujana tersebut dikuntit. ''Setelah ada perintah dari Wakadensus, langsung disergap Rabu menjelang duhur,'' katanya.

Saat itu, tim langsung membawa Rahmat ke pos pengendalian operasi di sebuah hotel dekat Stasiun Balapan, Solo. ''Cerita selanjutnya sudah disampaikan Kapolri. Sekarang sebagian tim pemburu diberi hak cuti Idul Fitri sampai seminggu. Alhamdulillah bisa pulang ketemu anak,'' ungkapnya.

Urwah memang merupakan pribadi yang unik. Dia lahir di Kudus pada 2 November 1978. Awalnya, dia nyantri di Pondok Pesantren Al Muttaqien, Jepara, 1990-1996. ''Dia bergabung JI sejak 1996,'' tutur sumber tersebut.

Pada 2004, dia bersama seseorang bernama Ubeid dan Umar Burhanuddin melatih tim pengebom kedutaan Australia di Jawa Barat. Setelah ditangkap, dia divonis tiga tahun. Beberapa saat sebelum bebas, dia menikahi Rina, santriwati Pesantren Maratush Shalihah di Bekasi.

Urwah lalu kembali ke Solo dan membangun home industry bernama Muqawamma. Dia memproduksi VCD jihad Al Qaidah yang di-download dari internet dan diberi terjemahan bahasa Indonesia. Bisnis itu cukup maju dan berkembang mulai Poso, Palu, Bandung, Banten, Batam, Medan, Solo, Lampung, serta Lombok.

Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri membenarkan bahwa Muhammad Jibril terkait langsung dengan operasi Solo yang sukses itu. ''Saya nyatakan ada kaitan antara Jibril dengan jaringan ini,'' katanya di Mabes Polri kemarin.

Namun, dia tidak bersedia menjelaskan lebih lanjut keterkaitan Jibril dengan kelompok Noordin. Bambang hanya menegaskan bahwa operasi masih terus berjalan. ''Ope­rasi ini belum selesai,'' ujarnya.

Penggerebekan di Mojosongo, Solo, kemarin terbilang lebih cepat daripada aksi penyergapan di Temanggung yang menewaskan Ibrohim alias Boim, otak pengeboman Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton. Penggerebekan kemarin diawali dengan penangkapan sejumlah orang.

Semula Rabu sore anggota Densus 88 menangkap Rohmad Puji Prabowo, 34, warga Semanggi, Pasar Kliwon, di Pasar Gading, Serengan. Densus 88 juga menangkap Supono alias Kedu di kawasan Kartasura, Sukoharjo.

Dari kedua orang itu, Densus 88 mengembangkan penyelidikan. Akhirnya, sekitar pukul 23.00 anggota pasukan khusus berlogo burung hantu itu mulai menggerebek Noordin di Kepuhsari, Mojosongo, Jebres.

Awalnya, sekitar pukul 23.30 anggota Densus mulai mengevakuasi sejumlah warga yang tinggal di sekitar rumah milik Sri Indarto yang dikontrak Susilo. Sambil mengevakuasi warga, Densus mematikan seluruh lampu di sekitar lokasi rumah.

Sejumlah saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan, sekitar pukul 00.00 beberapa anggota Densus berusaha mendobrak pintu. Mereka menggedor pintu depan rumah. Namun, dari dalam terdengar tembakan. Tim ini pun bergerak mundur dengan berlindung di kegelapan malam.

Tak lama kemudian, suara tembakan mulai kerap terdengar dari sekitar lokasi kejadian. Meski terdengar tidak terlalu sering dan beruntun, suara tembakan itu terus berlangsung hingga sekitar pukul 01.00. Saat itu petugas kembali menyalakan lampu.

Selama terjadi aksi baku tembak, atap rumah yang dihuni Susilo beserta istri dan komplotan teroris itu sempat terbakar dan kobaran api cukup besar.

Kamis sekitar pukul 02.00 sejumlah petugas dari satuan Brimob dan tim Gegana mulai berdatangan menuju lokasi kejadian dengan membawa sejumlah senjata berat.

Beberapa petugas maju ke depan pintu depan. Sebagian berjaga di depan pintu sembari menembakkan senjata ke dalam rumah. Sebagian petugas lantas masuk rumah. Tak lama setelah itu mereka membopong sesosok tubuh yang kemudian diketahui Munawaroh, istri Susilo, ke luar dari halaman rumah.

Seusai le­dakan itu, suara tembakan masih sempat terdengar dan berhenti sekitar pukul 06.20.

Beberapa saat setelah suara tembakan tidak lagi terdengar, sekitar pukul 07.45 empat ambulans yang sejak malam berada di lokasi mulai bergerak meninggalkan lokasi penggerebekan.

Kapoltabes Solo Kombes Pol Joko Irwanto saat dikonfirmasi mengakui bahwa dalam penggerebekan itu ada salah seorang anggota yang terluka di bagian tangan kiri. (rdl/aga/fal/in/nan/jpnn/iro)| Sumber: Jawa Pos [ Jum'at, 18 September 2009 ]

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkah beri komentar.....
Kata-kata lucu,banyolan, & gaul
Asal jangan!! kata kotor/kasar & SPAM/SAMPAH, Bakal saya hapus tanpa alasan

 

APOLOGIZE....YAA

Sebelumnya saya meminta maaf kepada semua pihak,. dikarenakan tidak semua konten yang saya publikasikan asli buatan saya, maka dari itu saya pastikan mencantumkan link sumber postingan tersebut berasal..,Tujuan saya hanya ingin menyajikan sebuah blog dengan info-info yang mungkin belum pernah diketahui, info-info terkini, dan info-info yang sedang marak dan info yang aneh-aneh.....disini tempatnya----> apabila ada yg tidak puas dan merasa haknya di langgar, harap segera hub saya Via E-mail. Thanks atas kunjungannya *_*

Foto Pengunjung

Tahukah Anda..? Copyright © 2009 WoodMag