Kamis, 03 September 2009

Klaim Tari Pendet Oleh Malaysia

'Klaim Tari Pendet, Malaysia Keterlaluan!'
(Istimewa)

INILAH.COM, Denpasar - Bukan sekali ini kekayaan budaya Indonesia diklaim oleh Malaysia. Setelah lagu Rasa Sayange dan reog Ponorogo, kini giliran tarian suci asal Bali, tari Pendet yang diklaim dalam iklan tahun kunjungan wisata Negeri Jiran itu.

"Ini sudah sangat keterlaluan," kata anggota DPD asal Bali, Ida Ayu Agung Mas di Denpasar, Bali, Senin (24/8).

Dia pun meminta pemerintah Indonesia dapat mempertahankan tari Pendet. Bagaimanapun, tari Pendet adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang masyarakat Bali

Ida Ayu menyatakan keprihatinannya dengan iklan Visit Malaysia Year yang memuat cuplikan tari Pendet itu. Apalagi, kasus serupa juga sudah pernah terjadi.

"Tidak hanya Tari Pendet, namun lukisan atau corak batik dan beberapa karya cipta lagu-lagu daerah di Tanah Air juga sempat diklaim milik Malaysia," sesalnya.

Menurut Gurubesar Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Wayan Dibia, berdasarkan pengamatannya, penari Pendet dalam iklan tersebut memang orang Bali.

"Dua penari yang tampil merupakan alumnus ISI Denpasar yang bernama Lusia dan Wiwik. Sementara pengambilan gambarnya dilakukan Bali Record sekitar dua hingga tiga tahun lalu," jelas Dibia.

Dia juga menyerukan protes agar pemerintah mempertahankan produk kesenian yang ada dengan cara didata dan didaftarkan, sehingga tidak mudah diklaim oleh negara lain.

"Tari Pendet merupakan bagian dari warisan budaya kita. Dalam tarian tersebut menampilkan nilai-nilai seni dan simbol-simbol budaya yang hanya dimiliki oleh tradisi budaya Hindu-Bali," tegasnya. [*/fiq]

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkah beri komentar.....
Kata-kata lucu,banyolan, & gaul
Asal jangan!! kata kotor/kasar & SPAM/SAMPAH, Bakal saya hapus tanpa alasan

 

APOLOGIZE....YAA

Sebelumnya saya meminta maaf kepada semua pihak,. dikarenakan tidak semua konten yang saya publikasikan asli buatan saya, maka dari itu saya pastikan mencantumkan link sumber postingan tersebut berasal..,Tujuan saya hanya ingin menyajikan sebuah blog dengan info-info yang mungkin belum pernah diketahui, info-info terkini, dan info-info yang sedang marak dan info yang aneh-aneh.....disini tempatnya----> apabila ada yg tidak puas dan merasa haknya di langgar, harap segera hub saya Via E-mail. Thanks atas kunjungannya *_*

Foto Pengunjung

Tahukah Anda..? Copyright © 2009 WoodMag