Senin, 07 September 2009

Jepang Panen Listrik dari Antariksa

Donny Andhika

(istimewa)

Jakarta - Jepang merencanakan secara serius untuk mengirim satelit yang dilengkapi oleh panel solar ke luar angkasa. Satelit itu bisa mengirimkan tenaga besar ke bumi dan mengaliri listrik untuk 300 ribu rumah.

Satelit tersebut akan memiliki areal permukaan seluas 4 kilometer persegi, dan memancarkan tenaga listrik via gelombang mikro ke sebuah stasiun di bumi.

Menempatkan panel solar di luar angkasa lebih menguntungkan daripada memasangnya di bumi karena di orbit tidak ada hari yang berawan, serta temperatur dinginnya ideal.

Sebuah modul kecil satelit dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2015. Untuk menyelesaikan segala bentuk permasalahan dan mendapatkan sistem yang berfungsi dengan sempurna, diperlukan waktu kira-kira tiga dekade.

Sebuah masalah utama yang dikhawatirkan adalah jika 1-gigawatt gelombang micro diarahkan ke sebuah lokasi di bumi dan meleset dari target.

Proyek senilai US$21 miliar itu baru saja menerima dukungan dari Mitshubishi dan desainer IHI (sebagai tambahan untuk meriset tim dari 14 negara lain).[ito]|Donny Andhika|INILAH.COM

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkah beri komentar.....
Kata-kata lucu,banyolan, & gaul
Asal jangan!! kata kotor/kasar & SPAM/SAMPAH, Bakal saya hapus tanpa alasan

 

APOLOGIZE....YAA

Sebelumnya saya meminta maaf kepada semua pihak,. dikarenakan tidak semua konten yang saya publikasikan asli buatan saya, maka dari itu saya pastikan mencantumkan link sumber postingan tersebut berasal..,Tujuan saya hanya ingin menyajikan sebuah blog dengan info-info yang mungkin belum pernah diketahui, info-info terkini, dan info-info yang sedang marak dan info yang aneh-aneh.....disini tempatnya----> apabila ada yg tidak puas dan merasa haknya di langgar, harap segera hub saya Via E-mail. Thanks atas kunjungannya *_*

Foto Pengunjung

Tahukah Anda..? Copyright © 2009 WoodMag